Resensi Buku Childhood Optimizer Series: Lima Langkah Komunikasi Efektif, agar Anak Tumbuh Optimal

Ilmu Parenting itu Penting

Salah satu manfaat membaca adalah memangkas waktu, energi dan biaya pembelajaran. Kita cukup membaca saja buku dari mereka yang sudah melakukan perjalanan pembelajaran yang panjang, berliku, jatuh bangun hingga akhirnya menemui kesuksesan.
.
Ini yang saya dapat saat membaca buku “Childhood Optimizer” seri Lima Langkah Komunikasi Efektif agar Anak Tumbuh Optimal karya sahabat saya @adlilumarat.
.
Aad, begitu saya menyapanya, memang tidak memiliki latar belakang pendidikan anak. Ia justru besar di dunia riset dan entertainment. Namun panggilan jiwa akhirnya datang dimulai saat berkenalan dgn ilmu pendidikan anak usia dini berbasis Metode Sentra di Sekolah Batutis Al-Ilmi.
.
Sekitar 3 tahun lalu Aad mulai “banting setir” beralih menjadi seorang Childhood Optimizer Trainer. Belajar mendalam, praktik bersama sang Istri dan kedua anaknya, ikut berbagai macam “sekolah” trainer (TEMPA, NLP, dll) demi memantapkan jalur hidupnya yang baru.
.
Buku ini adalah hasil pembelajaran penulis yang sudah disampaikan dalam kajian online, seminar, workshop, dll. Karenanya, terasa sekali kepadatan isinya. Seperti buku 500an halaman yang “dipress” jadi 200an halaman.
.
Bagian awal, dibuka dgn paradigma: Tidak ada gaya parenting yang salah, yang ada hanyalah, semua ada konsekuensinya. Hari ini, begitu banyak metode parenting yang ditawarkan dengan berbagai macam ke-khas-annya. Apapun pilihannya, ada konsekuensiya masing-masing.
.
Lima langkah komunikasi efektif orang tua ke anak dipaparkan secara runut dan sistematis (lihat Mind Map). Penjelasannya mengalir dan mudah dipahami bagi yang awam tentang parenting sekalipun. Tersedia pula ilustrasi berwarna yang membantu memahami buku ini.
.
Setiap bagian dijelaskan lengkap dari teori sampai contohnya. Sebagian bisa langsung dipraktikan. Di bagian akhir buku Pak Ading, panggilan panggung penulis, memberi bonus yang tak tanggung-tanggung, 30 halaman cara praktis komunikasi orang tua dgn anak dan 20 studi kasus masalah anak beserta solusinya.
.
Sungguh teramat banyak ilmu dalam 1 buku ini saja. Jadi, mau keluar waktu, biaya, dan energi sebanyak yang sudah penulis lakukan, atau baca bukunya saja?
.
.
Salam #MembacaItuNikmat

View this post on Instagram

Ilmu Parenting itu Penting Salah satu manfaat membaca adalah memangkas waktu, energi dan biaya pembelajaran. Kita cukup membaca saja buku dari mereka yang sudah melakukan perjalanan pembelajaran yang panjang, berliku, jatuh bangun hingga akhirnya menemui kesuksesan. Ini yang saya dapat saat membaca buku “Childhood Optimizer” seri Lima Langkah Komunikasi Efektif agar Anak Tumbuh Optimal karya sahabat saya @adlilumarat. . Aad, begitu saya menyapanya, memang tidak memiliki latar belakang pendidikan anak. Ia justru besar di dunia riset dan entertainment. Namun panggilan jiwa akhirnya datang dimulai saat berkenalan dgn ilmu pendidikan anak usia dini berbasis Metode Sentra di Sekolah Batutis Al-Ilmi. . Sekitar 3 tahun lalu Aad mulai “banting setir” beralih menjadi seorang Childhood Optimizer Trainer. Belajar mendalam, praktik bersama sang Istri dan kedua anaknya, ikut berbagai macam “sekolah” trainer (TEMPA, NLP, dll) demi memantapkan jalur hidupnya yang baru. Buku ini adalah hasil pembelajaran penulis yang sudah disampaikan dalam kajian online, seminar, workshop, dll. Karenanya, terasa sekali kepadatan isinya. Seperti buku 500an halaman yang “dipress” jadi 200an halaman. Bagian awal, dibuka dgn paradigma: Tidak ada gaya parenting yang salah, yang ada hanyalah, semua ada konsekuensinya. Hari ini, begitu banyak metode parenting yang ditawarkan dengan berbagai macam ke-khas-annya. Apapun pilihannya, ada konsekuensiya masing-masing. Lima langkah komunikasi efektif orang tua ke anak dipaparkan secara runut dan sistematis (lihat Mind Map). Penjelasannya mengalir dan mudah dipahami bagi yang awam tentang parenting sekalipun. Tersedia pula ilustrasi berwarna yang membantu memahami buku ini. Setiap bagian dijelaskan lengkap dari teori sampai contohnya. Sebagian bisa langsung dipraktikan. Di bagian akhir buku Pak Ading, panggilan panggung penulis, memberi bonus yang tak tanggung-tanggung, 30 halaman cara praktis komunikasi orang tua dgn anak dan 20 studi kasus masalah anak beserta solusinya. Sungguh teramat banyak ilmu dalam 1 buku ini saja. Jadi, mau keluar waktu, biaya, dan energi sebanyak yang sudah penulis lakukan, atau baca bukunya saja? . . Salam #MembacaItuNikmat

A post shared by Pemulia Buku | Book Reviewer (@adi_wahyu_adji) on

WhatsApp Image 2019-02-08 at 7.25.37 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s